THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 28 September 2011

Cerita Si anak Sulung

selalu-disalahkanBila ada pertengkaran antar anak, sulung dan bungsu, kerap kali yang menjadi kemarahan adalah si sulung. Ini juga sering papa dan mama alami. Mulanya kami berusaha untuk bersikap adil bila terjadi pertengkaran, yaitu: di marahi kedua-duanya.
Sampai suatu saat ketika papa hendak keluar rumah, si sulung yang biasanya suka tinggal di rumah, main sendiri atau bersama adik, tiba-tiba bertanya: “Pa, boleh ikut pergi ?” Karena papa lihat si kecil sangat berharap ikut, maka papa pun mengiyakan.

Curhat pada papa

Dalam perjalanan ke supermarket, ketika suasana mulai terasa kendor… terasa nyaman, bertanyalah papa

pada si sulung… “Kenapa kok tiba-tiba ingin ikut? Kan enak di rumah, bisa main ini main itu.” Dan si sulung pun mulai bercerita / curhat… “Malas di rumah, kakek selalu menyalahkan saya”, dst dst dst panjang deh :)
Dari obrolan santai ini, papa juga mulai bercermin… mungkin selama ini papa dan mama salah dalam bersikap karena selalu menuntut sulung untuk mengalah, padahal sebagai anak kecil wajar saja bila kemampuan untuk mengalah masih belum kuat.
Belum bisa mengalah 100% atau sedang berusaha untuk menahan diri…eh tetap saja di omelin ama orang tua / kakek nenek, jadi mungkin bete juga si sulung ini.
Sulung pun butuh pujian dan perhatian
Bagi papa dan mama, kejadian ini mengingatkan bahwa ternyata si sulung pun masih membutuhkan pujian dan perhatian…bukan hanya si bungsu.
Bahkan terkadang bila papa dan mama perhatikan, sebenarnya si sulung ini sudah cukup mengalah buat si kecil, namun karna yang satu masih terlalu kecil dan mau menang sendiri…terkadang si sulung gemes juga dan mencubitnya sehingga si bungu menangis :)
Bila tidak diketahui asal muasal ceritanya, sudah pasti kejadian begini akan dianggap bahwa si sulung tidak mau mengalah.

0 komentar: